Home Artikel Cara sistem kekebalan tubuh melawan virus corona

Cara sistem kekebalan tubuh melawan virus corona

0
216

Oleh: Ahmad Jihadi (Laboran Biologi FMIPA Universitas Negeri Makasar)

Hasil temuan menarik yang diungkapkan oleh Salah satu peneliti, Dr Oanh Nguyen,dan Prof. Kadzierska mengatakan hasil penelitian ini merupakan yang pertama terkait bagaimana cara sistem imun merespons COVID-19.

“Kami melihat luasnya respons imun pada pasien ini berbekal pengetahuan selama bertahun-tahun soal respons kekebalan tubuh pada pasien influenza,” jelas Dr Nguyen.

“Tiga hari setelah pasien ini dirawat, kami melihat adanya populasi besar dari beberapa sel kekebalan tubuh. Ini merupakan tanda pemulihan untuk kasus influenza,” katanya.

“Makanya kami memperkirakan bahwa pasien akan pulih dalam tiga hari. Dan benar, itulah yang terjadi,” tambah Dr Nguyen.

Menurut Prof. Kedzierska, meskipun COVID-19 disebabkan oleh virus baru, namun sel-sel pemulihan dalam tubuh orang sehat merespons dengan cara yang mirip pada kasus influenza.

“Sekarang kita sudah tahu apa yang mendorong adanya pemulihan pada pasien COVID-19,” ujarnya.

Dari pernyataan kedua ilmuwan diatas tentang penyakit COVID-19 makin menguatkan argument bahwa peran kunci dalam pencegahan dan pemulihan pasien adalah sistem imun yang kuat.

Kedua hasil temuan mengatakan bahwa respon kekebalan beraksi mirip dengan kasus influenza. Perlu diketahui bahwa obat influenza hanya meringankan gejala (tidak menyembuhkan atau mematikan virus) yang mematikan virus adalah sistem kekebalan tubuh.

Makanya dianjurkan untuk istirahat agar energi dan nutrisi bisa terkonsentrasi pada sistem imun untuk melakukan tugasnya. Itulah sebabnya kami selalu menekankan untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita.

Allah Subhana hu wataala dengan ke maha pengasih dan penyayang-NYA menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya dan dilengkapi dengan sistem antivirus. Belum ada obat yang mampu bekerja sebaik sistem imun alami manusia.

Perlu diketahui bahwa vaksin tidaklah membunuh virus melainkan hanya memicu respon imun tubuh. Bahkan selama ini vaksin dibuat dari partikel virus atau virus utuh yang dilemahkan untuk memudahkannya dikenali oleh sistem imun tubuh..dan selebihnya sistem kekebalan tubuh yang bekerja.

Sadar atau tidak, syariat yang telah diperintahkan oleh Allah kepada kita secara langsung dapat meningkatkan imunitas tubuh, diantaranya tidur diawal malam, tidur siang, (qailullah), konsumsi habbatussauda, kurma, madu dan masih banyak lagi yang telah dikonfirmasi dan didukung oleh data sains. (InsyaAllah akan ada sesi tulisan khusus tentang masalah syariat dan sistem kekebalan tubuh)

(Visited 218 times, 1 visits today)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.