Home Berita Ummat LIDMI Yogyakarta Sukses Adakan Tabligh Akbar “Untukmu Muslim Yogyakarta, Muhasabah Akhir Tahun”

LIDMI Yogyakarta Sukses Adakan Tabligh Akbar “Untukmu Muslim Yogyakarta, Muhasabah Akhir Tahun”

0
151

hhbLIDMI (28/12/2016) Bertempat di Masjid Al Hidayah Purwosari, Sinduadi, Mlati Sleman Yogyakarta, LIDMI Yogyakarta bekerjasama dengan Pondok Al Madinah Nusantara dan Takmir Masjid Al Hidayah Purwosari menyelenggarakan acara yang bertajuk “Tabligh Akbar Untukmu Muslim Yogyakarta: Muhasabah Akhir Tahun” pada tanggal 25 Desember 2016, yang lalu,  dengan pengisi Ustadz Alfi Syahar Lc. M.A.

Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan muda khususnya mahasiswa UGM, UNY dan beberapa kampus yang berada dibawah naungan LIDMI. Kegiatan ini dihadiri pula oleh warga sekitar Al Hidayah Purwosari baik bapak-bapak maupun ibu-ibu yang antusias dengan acara ini.

Dimulai pukul 08.30, acara ini diawali dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al-Quran. Selanjutnya tak lupa penyampaian sambutan dari perwakilan takmir masjid Al Hidayah Purwosari dan perwakilan dari warga Purwosari. Pukul 09.00 acara inti dimulai dengan diawali perkenalan profil Ustadz Alfi Syahar selaku pengisi acara oleh moderator dan dilanjutkan penyampaian materi.

Muhasabah adalah tema yang diangkat pada Tabligh Akbar ini. Ustadz Alfi Syahar memaparkan tentang arti muhasabah, pentingnya muhasabah, kenapa harus bermuhasabah, keutamaan muhasabah beserta hasil utama dari muhasabah itu sendiri. “Muhasabah memiliki arti kata حسب-يحسب-حسابا  yang berarti hitungan. Secara istilah, muhasabah itu sendiri bermakna evaluasi diri atas keburukan-keburukan diri dari berbagai aspeknya dengan bertanya pada diri sendiri agar menjadikan dirinya memiliki jiwa yang sakinah. Muhasabah juga bertujuan untuk menjadikan diri sendiri sebagai pribadi yang beruntung, juga untuk meningkatkan kualitas diri di hadapan Allah Subhanahu wa ta’alaa.” ungkap ustadz Alfi.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab sampai menjelang waktu sholat duhur. Besar harapan dari peserta bahwa kegiatan semacam ini terus digalakkan baik lingkungan masyarakat maupun di lingkungan kampus(*mq)

(Visited 36 times, 1 visits today)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.